Senin, 10 Desember 2012

Sejarah Dan Perkembangan Bahasa Pemograman


Perkembangan Bahasa Pemrograman dan Sejarahnya

BAB I. Perkembangan Bahasa Pemrograman dan Sejarahnya

A. Mengenai bahasa pemrograman
Berbicara mengenai bahasa pemograman secara awam terlintas dalam benak kita kita asumsikan dengan bahasa kita sehari-hari. Hanya yang menterjemahkan bahasa pemograman  adalah komputer. Konsep dasarnya harus menyesuaikan dengan karakteistik komputer itu sendiri.
Dalam Bahasa pemograman ada beberapa teknik,yaitu sebagai berikut:
1. Pemograman Procedural merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan.
2. Pemograman Functional merupakan Pemograman  yang terdiri atas kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
3. Pemograman Terstruktur merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan atau functional.
4. Pemograman Berbasis Modul merupakan Pemograman yang didasarkan atas kumpulan program  procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul.
5. Pemograman   Berorientasi   Objek   merupakan   Pemograman   yang   terdiri   atas   kumpulan perintah/instruksi   yang   akan   dijalankan/dieksekusi   oleh   komputer   berdasarkan  kejadian – kejadian yang berkenaan dengan sebuah/beberapa objek.
6. Pemograman Generic merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang  akan dijalankan oleh komputer  bersama-sama pemograman berorientasi objek atau pemograman functional.
7.   Pemgoraman Declarative merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan  perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

Visual basic
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS .Setelah BASICA,Microsoft  meluncurkan  Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

FORTRA
Singkatan dari FORmula TRANslator dan dikembangkan oleh IBM Inc. antara tahun 1954 dan 1957 yang digunakan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi sains dan engineering. Bahasa FORTRAN masih digunakan secara luas saat ini di bidang engineering.

COBOL 
Singkatan dari Common Business Oriented Language, diciptakan oleh sekelompok pabrikan komputer dan  pengguna komputer untuk industri pada tahun 1959. Ia didesain untuk aplikasi-aplikasi komersil yang membutuhkan banyak pemrosesan data. Bahasa ini masih digunakan saat ini di bidang bisnis.

Dikembangkan oleh Dennis Richie di Laboratorium Bell pada tahun 1972.  Ia merupakan bahasa implementasi sistem yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. C++ merupakan ekstensi atau kelanjutan dari bahasa C yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980an. C++  menambahkan  fitur  OO P (Object-Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi objek ke dalam bahasa C dan sekarang merupakan sistem utama bahasa implementasi (Deitel&Deitel, 1999).

Pascal
Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Yang dinamai pascal sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal. Seorang ahli matematik dan filosofer yang terkenal pada abad 17 dari perancis. Prof Niklaus Wirth memperkenalkan Kompiler bahasa Pascal yang pertama untuk Komputer CDC 600 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program Komputer secara sistematis khususnya untuk memperkenalkan program terstruktur .

JAVA
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
JAVA  merupakan  bahasa  yang  kemunculannya  tergolong  baru  dan  merupakan  bahasa pemrograman yang paling banyak diminati, dikembangkan oleh SUN Microsystem pada tahun 1995. Ia sebenarnya merupakan kelanjutan dari C++ tetapi memasukan banyak komponen atau “libraries” untuk pemrograman multimedia, networking, multithreading, graphics, database access, pemrograman GUI. Microsoft juga meluncurkan Java versinya sendiri yang dikenal   dengan  Visual J++. Bahasa pemrograman  lainnya adalah Power Builder yang dikembangkan oleh perusahaan Powersoft dan Delphi yang dikembangkan oleh Borland Inc.

C++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.Pada era visual saat ini, versi dari C dan C++ muncul pula dengan nama Visual C atau Visual C++, C Builder, bahkan telah ada versi baru dari C yaitu C# (C Sharp).

B. Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman
Generasi Bahasa
Perkembangan bahasa pemrograman  mungkin tidak semudah yang kita kira,namun perkembangan tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini.
Pembagian generasi bahasa adalah seperti berikut: First-Generation Language (1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data, yang diberikan kepada prosesor agar dapat bekerja. Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan angka 0 dan 1.
Second-Generation Language (2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai bahasa assembly). Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin.
 Third-Generation Language (3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi,seperti PL/1, C, atau Java.
Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”, sehingga makin mudah digunakan.
Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasasumbernya, yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL.

Perkembangan Bahasa
Perkembangan bahasa pemrograman dimulai pada tahun 1949 dengan hadirnya Short Code,   bahasa pemrograman computer pertama yang digunakan dalam peralatan komputer elektronik. Ini masih berupa bahasa pemrograman manual (hand-compiled).
Pada tahun 1951, Grace Hopper yang bekerja pada Remington Rand mulai bekerja untuk mendesain sebuah compiler yang diberi nama A-0. Pada tahun 1957, bahasa pemrograman ini kemudian dirilis oleh Rand dengan nama Math-matic.
Kemudian Alick E. Glennie, di waktu senggangnya di Universitas Manchester, berhasil  membuat programming system bernama AUTOCODE pada tahun 1952. Sekitar lima  tahun   setelahnya dirilislah mathematical  FORmula TRANslating (FORTRAN), dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah digunakan pada tahun itu.
FORTRAN dibuat oleh tim yang diketuai oleh John Backus, yang kemudian juga memiliki  konstribusi dalam pembuatan bahasa pemrograman ALGOL.
Setahun kemudian, muncul  FORTRAN  II  yang mampu  menjalankan perintah         subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Dan, pada tahun yang sama juga dirilis         bahasa pemrograman  ALGOL. Pada  tahun 1960 muncul  ALGOL  60. Bahasa pemrogramana ini sangat popular di Eropa pada pertengahan 1960-an. Pada tahun 1962, APL (A Programming Language) dirilis oleh Kenneth Iverson. Pada tahun yang sama juga dirilis FORTRAN IV.
Perkembangan bahasa pemrograman terus berlanjut dengan munculnya berturut turut  APL/360 dan PL/1 pada tahun 1964, SNOBOL3 pada 1965, FORTRAN 66 dan LISP 2  pada 1966, SNOBOL 4 pada 1967, ALGOL 68, ALTRAN, dan COBOL.
Pada tahun 1975, Bob Albrecht dan Dennis Allison merilis Tiny BASIC. Pada tahun yang sama, Bill Gates dan Paul Allen merilis BASIC yang mereka jual ke MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems).
Tahun-tahun selanjutnya, beberapa bahasa pemrograman baru bermunculan. Di antaranya AWK yang dirilis tahun 1978; Smalltalk-80, Modula-2, Franz LISP pada tahun 1980; dan ISO Pascal serta PostScript yang dirilis pada tahun 1982. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman ada.
Nama  tersebut diambil dari Lady  Augusta Ada Byron, yang menyandang gelar programer komputer pertama karena hasil kerjanya pada Charles Babbage’s analytical engine di tahun 1842.
Tahun 1986, selain Apple telah merilis Object Pascal dan Borland merilis Turbo Prolog,  pada   tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrogramanC++  dan Eiffel. Setahun sesudahnya dirilis Turbo Pascal version 4.0. Bahasa pemrograman C++ berkembang pesat dengan dirilisnya C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Setahun kemudian, Microsoft kembali merilis  Visual Basic, yang kemudian memenangkan penghargaan BYTE’s Best of Show saat COMDEX.
Bahasa pemrograman terus berkembang hingga tahun ini, dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.

Bahasa Modern (Java)
Kelahiran Java dimulai tahun 1991. Bahasa Java merupakan proyek penelitian Sun  Microsystems yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan membangun sistem  yang memungkinkan komputer berperan dalam rumah tangga. Fokus pertama proyek adalah pada TV kabel yang disebut set-top box.
Untuk menjalankan proyek tersebut Sun merencanakan untuk membangun sebuah OS yang dibangun dengan bahasa C++. Akan tetapi James Gosling (salah seorang anggota  tim proyek) merasa tidak puas dengan C++. Akhirnya Ia membuat sendiri bahasa  pemrograman baru yang diberi nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya. Oak dibuat berdasarkan syntak C++. Namun Oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Tahun 1994, proyek Green diperbesar oleh Sun menjadi proyek FirstPerson. Tapi proyek tersebut gagal akibat penolakan pasar terhadap ide TV interaktif.
Pada saat itu Internet memulai sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser  GUI pertama adalah Mosaic. Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa bahasa Oak yang multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan distributed sangat cocok untuk dunia Web.
Tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java karena ada produk lain yang telah  mematenkan nama tersebut. Pemilihan nama ini (yang dikenal oleh para pekerja Sun  sebagai nama jenis kopi) sama sekali tidak didasarkan atas kedekatan mereka dengan  Indonesia atau pulau (atau orang) Jawa. Nama Java dipilih mengalahkan nama-nama  lainnya, sekedar karena mereka merasa bahwa nama ini sangat bagus (“cool” menurut  bahasa anak muda sekarang). Bersamaan dengan lahirnya nama Java ini, Sun juga  mengganti nama web-browser mereka menjadi HotJava (semula bernama WebRunner). Sun kemudian mengumumkan bahasa Java sebagai bahasa yang mampu menjalankan Web secara interaktif dan aman.




Pada pertengahan tahun 1995, Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di  dalam   browser mereka. Kemudian, Java  (pada   tahun-tahun itu) secara de-facto  menjadi bahasa standar di dunia maya Internet. Perkembangan Java dipermudah lagi dengan tersedianya JDK (Java Development Kit) di situs milik Sun yang dapat di download gratis. Akhir tahun 1995, IBM dan Microsoft memutuskan untuk membeli  lisensi Java untuk dipakai dalam teknologi mereka. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, banyak sekali bahasa pemrograman. Tapi, pada bahasan kali ini saya lebih fokus untuk memberikan informasi mengenai Pemrograman Visual.


BAB II. Pemrograman Visual
 Pada intinya, pemrograman visual membawa OOP ke level berikutnya. Tujuan pemrograman visual adalah agar pemrograman menjadi lebih mudah bagi para programmer dan lebih mudah diakses oleh kalangan nonprogrammer dengan meminjam bahasa OOP, dan mempraktikanya secara grafis atau visual. Pemrograman visual memungkinkan pengguana untuk lebih fokus pada pemecahan masalah ketimbang cara menangani bahasa pemrograman. Di sini Anda tidak perlu mempelajari sintaks atau menulis kode.
Pemrograman visual adalah metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi antara objek-objek dengan cara menggambar, menunjuk dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum.
Contoh pemrograman visual adalah Visual BASIC, bahasa pemrograman berorientasi objek yang berbasis Windows dari Microsoft yang mengizinkan pengguna mengembangkan aplikasi Windows dan Office dengan (1) membuat tombol perintah, kotak teks, jendela dan toolbar, (2) selanjutnya akan di-link ke program BASIC yang kecil yang melakukan tindakan tertentu.
Visual   BASIC   merupakan   even-driven,   artinya   program   menunggu   pengguna   melakukan sesuatu (“event”), seperti klik pada ikon, dan kemudian program akan merespons. Misalnya , pada permulaan pengguna dapat menggunakan piranti geser dan turunkan (drag-and-drop) untuk   mengembangkan   antar   muka   pengguna   grafis   yang   dibuaat   secara   otomatis oleh program.  Karen  penggunaanya  mudah,  Visual  BASIC  memungkinkan  programmer  pemula untuk mencipatakan aplikasi-aplikasi berbasis windows yang menarik.
Sejak  diluncurkan pada 1990, pendekatan  Visual Basic menjadi norma  untuk bahasa pemrograman. Sekarang ada banyak lingkungan visual untuk banyak bahasa pemrograman termasuk C, C++, Pascal, dan Java. Visual BASIC  terkadang disebut rapid application development (RAD) karena memungkinkan programmer membuat aplikasi prototype dengan cepat.


A. Sejarah Visual Basic
Visual basic  adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Kurtz dari Kampus Darmouth pada pertengahan tahun 1960-an (Deitel&Deitel, 1999). Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer. Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer. Beberapa versinya seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC ,IBM BASICA, Apple BASIC dan lain-lain. Apple BASIC dikembangkan oleh Steve Wozniak, mantan karyawan Hewlet-Packard dan teman dekat Steve Jobs (pendiri Apple Inc.). Steve Jobs pernah bekerja dengan Wozniak sebelumnya (mereka membuat game arcade “Breakout” untuk Atari). Mereka mengumpulkan uang dan bersama-sama merakit PC, dan pada tanggal 1 April 1976 mereka secara resmi mendirikan perusahaan komputer Apple. Popularitas dan pemakaian BASIC yang luas dengan berbagai jenis komputer turut berperan dalam mengembangkan dan memperbaiki bahasa itu sendiri, dan akhirnya berujung pada lahirnya Visual Basic yang berbasis GUI (Graphic User Interface) bersamaan dengan Microsoft Windows. Pemrograman Visual Basic begitu mudah bagi pemula dan programer musiman karena ia menghemat waktu pemrograman dengan tersedianya komponen-komponen siap pakai. Hingga akhirnya Visual Basic juga telah berkembang menjadi beberapa versi, sampai yang terbaru, yaitu Visual Basic 2008. Bagaimanapun juga Visual Basic 6.0 tetap menjadi versi yang paling populer karena mudah dalam membuat programnya dan ia tidak menghabiskan banyak memory komputer.

B. Perkembangan pemrograman Visual Basic dari dulu sampai sekarang
VB 1.0 dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari prototype yg dikembang oleh “Alan Cooper” yg di sebut TRIPOD,. Kemudian Microsoft mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby. Berikut Perjalanan Visual Basic (VB 1.0 Sampai VB 10) :
Perjalanan dari Visual Basic (VB1 to VB 10)
Proyek “Thunder” dirintis
Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada Comdex/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia
Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System
Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah         untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg        menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul         yg berikutnya di implementasikan pada VB 4
Visual Basic 3.0 ,dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi  versi standard dan        professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat         membaca serta menulis database Jet (atau Access) 1.x
Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows         program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk         menulis non-GUI class pada Visual Basic
Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk         versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya,  program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5  memperkenalakan kemampuan untuk membuat  User Control.
Visual   Basic   6.0   (pertengahan   1998)   memperbaiki   beberapa   cakupan,   temasuk         kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan         memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008
Visual Basic .NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi         pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yang         digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan  kekurangan diberbagai        area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta         peningkatan penggunan memory. Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1), dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan         Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan bebrapa fitur baru, diantaranya :
Edit and Continue, mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari   VB .NET. pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan
Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is Y menjadi If X  IsNot Y
Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft         membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB,  salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft
Visual Basic “Orcas” (VB 9.0) , dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangung          diatas .NET 3.5. Pada rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya : True Tenary operator, yaitu fungsi If(boolean,value, value) yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF
LINQ Support
Ekspresi Lambda
XML Literals
Nullable types
Type Inference
Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0) , Visual Basic 10, yang  juga dkenal dengan nama VBx,akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian da  15. an dari SilverLight 1.1








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar